Rabu, 30 Agustus 2017

Creativeable Project Yogyakarta

Creativeable Project adalah sebuah social enterprise yang terfokus untuk pemberdayaan penyandang disabilitas di Indonesia pada umumnya dan Yogyakarta pada khususnya. Serta menjadi tempat bagi penyandang disabilitas maupun non disabilitas untuk saling belajar, berkreasi, bekerja dan bersinergi bersama – sama. Creativeable Project berdiri pada tanggal 15 Februari 2017 yang didirikan oleh Santi Setyaningsih,S.Sos yang juga merupakan penyandang disabilitas Tuli. Pusat Kegiatan Creativeable Project saat ini berlokasi di Jalan Jogoripon RT 05 Desa Panggungharjo Kec. Sewon, Kab. Bantul, DIY 55188

LATAR BELAKANG SOCIAL ENTERPRISE
Pengertian sederhana dari Social Entrepreunership adalah seseorang yang mengerti permasalahan sosial dan menggunakan kemampuan Entreprenuership untuk melakukan perubahan sosial (social change), terutama meliputi bidang kesejahteraan (welfare), pendidikan, dan kesehatan (healtcare). Social Entrepreneurship mencoba melayani pasar yang belum digarap, menghilangkan kesenjangan dalam kesejahteraan , pendidikan, kesehatan , demografis dan peluang kerja.
Semua orang berhak untuk mendapatkan pekerjaan yang layak, akses pendidikan serta dapat mengakses berbagai informasi. Beragam cara yang dapat ditempuh untuk melakukan hal tersebut, namun dominan yang banyak di terima untuk bisa mencapai sesuatu tersebut yaitu Sumber Daya Manusia (SDM) yang mempunyai kesempurnaan secara fisik.
Selama ini penyandang disabiitas mengalami banyak sekali diskriminasi dalam berbagai bidang (pendidikan, lapangan kerja, dll). Kurangnya akses informasi dan ketidak adanya akses yang memadai untuk menunjang penyandang disabilitas pun menjadi hambatan untuk terus berkarya. Karena itu Creativeable Project dibentuk sebagai suatu wadah social enterprise bagi penyandang disabilitas untuk terus mengembangkan bakat dan passion mereka di berbagai bidang. Pentingnya membangun kepedulian bahwa penyandang disabilitas mampu berkarya di tengah keterbatasan mendorong kami untuk terus mensosialisasikan bahwa penyandang disabilitas mampu menjadikan SDM yang berguna. Social enterprise ini kami diharapkan mampu menjadikan kesetaraan dan mewujudkan masyarakat yang ramah akan penyandang disabilitas.

VISI dan Misi Creativeable Project Yogyakarta
Mewujudkan masyarakat inklusif berdaya, pelayanan dan pemberdayaan penyandang disabilitas untuk mencapai kemandirian secara finansial
Harus diakui bahwa saat ini informasi, kesempatan belajar dan kesempatan bekerja lebih di dominasi oleh oleh orang-orang non disabilitas. Karena orang-orang non disabilitas lebih menguasai bahasa untuk berkomunikasi serta keterampilan untuk menguasai bidang tertentu sehingga bisa memudahkan untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Keberhasilan seseorang ditentukan oleh seberapa banyak informasi dan ilmu pengetahuan yang bisa didapatkannya.
Untuk mendapatkan keterampilan yang mumpuni serta mendapatkan pekerjaan seseorang juga harus mendapatakn pendidikan keterampilan agar nanti bisa menguasai keterampilan baik soft skill maupun basic skill. Seseorang juga harus melalui proses belajar agar nanti mampu menguasai bidang tertentu terutama memasuki dunia kerja juga harus mendapatkan keterampilan tertentu disesuaikan bakat dan passion mereka. Penyandang disabilitas kesulitan dalam mengakses informasi dan serta kesulitan untuk menguasai bidang tertentu. Bahkan masih banyak yang memandang sebelah mata bahwa penyandang disabilitas merupakan SDM yang tidak berguna. Padahal kalau dikembangkan serta diberdayakan akan mampu melakukan sesuatu yang disesuaikan dengan bakat dan passion mereka. Maka visi Creativeable Project adalah Bagaimana penyandang disabilitas mampu mandiri secara finansial serta terwujudnya masyarakat yang inklusif tanpa harus memandang sebelah mata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar